-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupa Nomor Efin Pajak DJP Online Bagaimana?

Daftar Isi [Baca]
Lupa Nomor  Nomor EFIN Pajak DJP Online Bagaimana?

Lupa Nomor EFIN Pajak merupakan hal yang biasa terjadi. Mengingat  Nomor EFIN Pajak adalah hal yang sangat penting sudah seharusnya Anda menyimpannya dengan baik-baik. Namun adakalanya  Nomor EFIN Pajak yang hanya satu lembar kertas ini terselip atau hilang. Bagaimana cara mendapatkan efin pajak lupa ini? Sebaiknya Anda tahu beberapa hal tentang Nomor EFIN pajak dan solusinya jika Nomor EFIN lupa atau hilang. Mari kita bahas!

Nomor EFIN Pajak

Nomor EFIN Pajak adalah sebuah kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online. Karena fungsi utama  Nomor EFIN Pajak hanya untuk pendaftaran efiling DJP Online saja, maka jika sewaktu-waktu Nomor EFIN Pajak Anda lupa atau hilang, maka Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda bisa log in ke efiling DJP Online maka sudah tidak ada masalah.

Saat Anda masuk ke efiling DJP Online, Anda tidak akan dimintai kembali kode Nomor EFIN Pajak. Anda hanya diminta untuk memasukkan nomor NPWP dan password efiling DJP Online saja. Anda lupa password efiling DJP Online Anda?

Untuk yang lupa password

Selain berfungsi sebagai kode verifikasi untuk pendaftaran efiling DJP Online, Nomor EFIN Pajak juga berfungsi saat Anda lupa password efiling DJP Online Anda. Jika hal ini terjadi maka berikut yang perlu Anda lakukan.

Pertama, silahkan masuk ke halaman berikut https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Kemudian masukkan nomor NPWP, kode Nomor EFIN Pajak, kode pengaman, dan jangan lupa centang "lupa email" jika Anda juga lupa dengan email yang Anda gunakan, jika tidak maka cukup NPWP dan Nomor EFIN Pajak saja.

Kedua, cek email yang Anda gunakan saat daftar akun efiling DJP Online. Kemudian klik link yang diberikan untuk mereset password efiling DJP Online Anda.
 Nomor EFIN Pajak untuk yang lupa password
Pada halaman reset password efiling DJP Online, ada pemberitahuan yang perlu Anda tahu, berikut isinya
  1. Pastikan Anda masih menyimpan Nomor EFIN yang diberikan oleh KPP.
  2. Jika Anda lupa atau tidak menyimpan Nomor EFIN, silahkan meminta pencetakan ulang Nomor EFIN di KPP Terdekat
  3. Anda dapat mengubah email untuk menerima password baru, jika menghendakinya dengan memilih "YA" pada pilihan "Lupa Email?"
  4. Jika Anda mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email Anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan kepada Anda
Permasalahan berikutnya adalah, bagaimana jika Anda lupa Nomor EFIN Pajak Anda? Bagaimana cara mendapatkan e fin pajak lupa? Mari kita lanjutkan.

Cetak Ulang Nomor EFIN

Jika permasalahan utama Anda adalah lupa Nomor EFIN Pajak, maka yang perlu Anda lakukan adalah cetak ulang Nomor EFIN Pajak. Yang perlu Anda tahu adalah kode Nomor EFIN Pajak untuk satu nomor NPWP akan selalu sama. Artinya, nomor Nomor EFIN yang Anda miliki tahun lalu bisa Anda gunakan selamanya.

Untuk melakukan cek Nomor EFIN pajak yang lupa ini hanya bisa dilakukan oleh petugas pajak. Anda tidak bisa mengecek Nomor EFIN melalui aplikasi online. Satu-satunya cara untuk cek Nomor EFIN adalah dengan datang langsung ke kantor pajak kemudian Anda bisa mengajukan permohonan untuk cetak ulang Nomor EFIN Pajak.

Untuk melakukan cetak ulang Nomor EFIN Pajak Anda diharuskan untuk datang langsung ke kantor pajak. Jika bukan Anda sendiri yang meminta cetak ulang Nomor EFIN Pajak, maka Anda perlu melampirkan surat kuasa kepada yang akan mengambil Nomor EFIN Pajak Anda.

Yang perlu Anda lakukan cukup mengisi formulir cetak ulang Nomor EFIN Pajak, kemudian lampirkan 1 fotokopi KTP, dan 1 fotokopi NPWP Anda. Serahkan berkas tersebut ke petugas pajak, dan Nomor EFIN Pajak Anda pun langsung dicetak.

Pakai Layanan Chat Pajak Atau Twitter Pajak

Mendekati jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan pribadi untuk PNS dan karyawan akhirnya Direktorat Jenderal Pajak membuka layanan pembuatan kode Nomor EFIN Pajak secara online melalui chat pajak atau twitter pajak, caranya sangat mudah, silahkan simak infografis berikut ini untuk mendaptkan Nomor EFIN Pribadi secara online dengan mudah!

Cara Mendapatkan  Nomor EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan  Nomor EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan  Nomor EFIN Pribadi Secara Online

Cara Mendapatkan  Nomor EFIN Pribadi Secara Online