-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mutasi Kendaraan Bermotor Secara Online

Mutasi kendaraan bermotor online saat ini bisa dilakukan dan sangat memudahkan anda dalam melakukannya. Bagaimana tahapannya? Berikut ini adalah ulasannya....

Daftar Isi [Baca]
Mutasi Kendaraan Bermotor Secara Online

Mutasi kendaraan bermotor online saat ini bisa dilakukan dan sangat memudahkan anda dalam melakukannya. Bagaimana tahapannya? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu mutasi kendaraan bermotor

Sebelum kita masuk pada bahasa mengenai cara mutasi kendaraan bermotor, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu yang dimaksud dengan mutasi kendaraan bermotor. Mutasi kendaraan adalah sebuah sebuah proses pemindahan motor dan juga dokumennya. Jadi ketika sebuah motor dimutasi maka secara fisik motor akan dipindahkan dari satu daerah ke daerah lain  dan secara dokumen, dokumen dari motor yang awalnya dimiliki oleh sebuah daerah akan berpindah ke daerah lain.

Pemindahan dokumen atau mutasi kendaraan bermotor ini merupakan salah satu upaya untuk memudahkan kegiatan administrasi dari motor di kemudian hari. Mutasi  kendaraan bermotor ini bisa dilakukan jika anda berpindah kota tinggal atau bisa juga karena kendaraan anda baru dan hasil beli dari orang yang berbeda daerah dengan anda. Salah satu kegiatan administratif yang akan dipermudah dengan adanya mutasi ini adalah cek pajak kendaraan bermotor yang anda miliki.

Cara mutasi kendaraan bermotor

Seperti yang kita tahu, dahulu semua pekerjaan yang berhubungan dengan pemerintah merupakan hal yang menyulitkan. Entah itu mengurus KTP yang harusnya bisa mudah hingga mengurus mutasi yang sulit. Ya, hal ini disebabkan karena dahulu semua kegiatan administrasi dilakukan dengan sistem online.

Karena dilakukan dengan sistem online dahulu banyak orang yang merasa kesulitan untuk mengikuti prosesnya. Apalagi ditambah dengan lamanya waktu yang digunakan untuk mutasi ini menyebabkan banyak orang lebih memilih menggunakan biro jasa untuk mengurus mutasi dibandingkan dengan mengurusnya sendiri. Akan tetapi saat ini mutasi kendaraan bermotor online sudah ada sehingga proses menjadi lebih murah.

Tahap mutasi kendaraan bermotor

Untuk anda yang ingin melakukan mutasi kendaraan maka berikut ini adalah tahapan yang perlu anda ketahui.

Cek fisik kendaraan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah cek fisik kendaraan anda. Cek fisik ini dilakukan pada samsat awal anda. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan dan gunakan merupakan kendaraan yang asli milik anda dan sesuai dengan STNK yang anda miliki.

Pendaftaran

Langkah kedua adalah dengan melakukan pendaftaran. Anda bisa menuju ke bagian pendaftaran untuk mengisi formulir pendaftaran mutasi. Jika ingin balik nama juga bisa langsung minta ke bagian pendaftaran. Setelah itu anda akan diminta untuk membayar biaya sesuai dengan ketentuan. Setelahnya anda hanya perlu menunggu dokumen anda disiapkan.

Pemindahan dokumen

Setelah mengambil dokumen sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dari pihak samsat awal anda. Anda bisa langsung menuju ke kantor samsat kota tujuan anda. Di sana juga akan dilakukan cek fisik dan pemeriksaan berkas dari samsat lama. Setelah itu anda juga menunggu lagi dan mengambil STNK baru dan BPKB baru sesuai dengan jadwal mutasi kendaraan bermotor online yang sudah ditetapkan.