Tidak Bisa Cetak Kode Billing Pajak? Berikut Penyebab dan Solusinya

Tidak Bisa Cetak Kode Billing Pajak

Keberadaan ESPT PPH semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan lapor pajak. Tidak hanya mudah saja, tetapi juga layanan administrasinya cukup nyaman. Pasalnya, Anda tidak perlu mengantre lagi di KPP. Cukup hanya dengan koneksi internet, Anda bisa melakukan lapor pajak tahunan Anda. Tidak hanya melaporkan SPT Tahunan saja, Anda juga bisa mencetak kode billing pajak.

Kode billing pajak sendiri adalah kode identifikasi yang dikeluarkan oleh sistem billing yang sudah terintegrasi dalam djp online pajak untuk pembayaran atau setoran yang wajib dilakukan oleh wajib pajak. Namun yang menjadi kendala adalah tidak bisa cetak kode billing pajak. Untuk masalah ini biasanya ada beberapa penyebab. Berikut ini solusi untuk mengatasi tidak bisa mencetak kode billing pajak.

Cetak Kode Billing

Untuk bisa mencetak kode billing sendiri bisa dilakukan dengan delapan cara, berikut ini diantaranya.
  1. Melalui web resmi SSE1, yakni http://sse.pajak.go.id/.
  2. Melalui situs resmi DJB Online. Namun hal ini Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan memiliki EFIN.
  3. Gunakan provider Telkomsel dan cetak menggunakan SMS Billing.
  4. Gunakan internet banking dari bank BRI.
  5. Melalui web resemi SSE3, yakni http://sse3.pajak.go.id/.
  6. Melalui ATM Mandiri dan bisa menjadi cara paling mudah untuk mencetak dan membayar pajak langsung.
Itulah cara mencetak bukti kode billing pajak. Anda bisa memilih salah satu yang memudahkan Anda dalam pembayaran.

Tidak bisa dicetak sama sekali, muncul error

Tidak bisa cetak kode billing pajak sama sekali atau muncul error sering terjadi. Untuk masalah yang satu ini Anda bisa merefresh ulang situs DJB Online. Selain itu, cek juga koneksi internet Anda stabil. Apabila Anda menggunakan aplikasi ESPT PPH dan muncul tulisan seperti error untuk proses mencetak, lakukan saja update aplikasi yang terbaru.

Apabila tidak bisa cetak kode billing pajak masih tetap tidak bisa dilakukan. Usahakan bahwa laptop atau PC Anda sudah terintegrasi dengan NET Framework 4. Apabila sudah tinggal remove atau lakukan install ulang.

Terpotong

Masalah tidak bisa cetak kode billing pajak lainnya adalah terpotong dan tidak sepenuhnya. Untuk masalah yang satu ini, tetap cek koneksi internet Anda. Kalau bisa tetap refresh hingga bukti kode billing sepenuhnya keluar sebelum dicetak.

Itulah beberapa masalah dan solusi tidak bisa cetak kode billing pajak. Untuk kendala lainnya, seperti melalui SMS Billing kemungkinan memang ada gangguan jaringan, jadi tunggu beberapa saat ini. Selain itu, dari internet banking tetap cek kondisi koneksi internet Anda.

Sedangkan untuk masalah ATM Mandiri yang tidak bisa cetak kode billing pajak, Anda bisa bertanya langsung dengan petugas atau satpam yang berjaga. Mungkin saja memang ATM sedang mengalami masalah, seperti tidak ada kertas bukti.

1 Komentar untuk "Tidak Bisa Cetak Kode Billing Pajak? Berikut Penyebab dan Solusinya"

  1. HARI INI KAMI INGIN CETAKKODE BILLING,TAPIKAMILIHAT SUDAH ADA PEMBAHARUAN, BIASANYA KLIK CETAK LANGSUNG KELUAR FORM UTK CETAK, TAPI HARI INI KLIKCETAKKELUAR UNTITLE????????????? MOHON PENJELASAN

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel