Berapa Sih Biaya pajak Motor 5 Tahunan?

Biaya pajak Motor 5 Tahunan

Jika selama ini hanya membayarkan pajak rutin, maka anda akan sedikit kaget dengan proses bayar dan biaya pajak motor 5 tahunan. Hal ini karena memang prosesnya yang jauh berbeda dengan proses pembayaran rutin. Karena untuk pajak motor 5 tahunan ini akan ada beberapa proses yang berbeda misalnya adalah adanya proses pemeriksaan untuk fisik dari kendaraan, pergantian untuk STNK anda dan juga ada pergantian tanda nomor kendaraan bermotor anda atau TNKB dan biasa disebut dengan nama Plat Nomor.

Bayar pajak motor 5 tahunan juga harus anda lakukan di Kantor Samsat langsung sesuai dengan kota yang tertera di alamat pemilik dari STNK. Karena sangat diharuskan dalam proses pengecekan fisik dari kendaraan anda dan akan ada penerbitan STNK baru anda, maka untuk membayar pajak motor 5 tahunan anda tidak bisa melakukannya di Samsat Drive Thru, Gerai Samsat ataupun bayar pajak motor online yang sudah disediakan.

Syarat bayar pajak motor 5 tahunan 

Ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan sebelum akan ke kantor samsat. Semua harus anda siapkan agar tidak repot dan kembali pulang untuk melengkapi syaratnya. Dan berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus anda lengkapi saat anda akan biaya pajak motor 5 tahunan diantaranya adalah :
  1. KTP asli yang sesuai dengan identitas STNK anda
  2. BPKB asli anda
  3. STNK dan Nota pajak Asli anda
  4. Biaya pajak motor dan uang sekitar Rp 160.000 untuk pembuatan STNK dan Plat Nomor Baru
  5. Map dan Pulpen

Nah secara umum ini adalah beberapa syarat dan juga beberapa kelengkapan yang anda butuhkan untuk biaya pajak motor 5 tahunan.

Lalu bagaimana proses pembayarannya?

Nah jika anda sudah melengkapi semua syarat maka yang perlu anda lakukan adalah datang ke kantor samsat dan melakukan beberapa prosesnya :

a. Lakukan pengecekan fisik

Saat pertama kali datang untuk anda bayar pajak motor 5 tahunan maka kendaraan anda akan dilakukan proses pengecekan fisik. Di loket pengecekan fisik akan ada petugas yang melakukan pengecekan nomor mesin dan rangka motor lalu memberikan anda formulir.

b. Lakukan proses pendaftaran

Setelah anda melakukan proses pengecekan fisik maka selanjutnya adalah untuk mengisi formulir sesuai dengan data STNK, BPKB dan juga KTP. Setelah sesali maka serahkan ke petugas untuk dilakukan pengecekan. Setelah selesai, maka anda bisa melakukan proses pendaftaran. Selanjutnya akan ada tanda terima SPPKB dan anda akan diberikan nomor antrian untuk pembayaran.

c. Lakukan proses pembayaran

Nah anda bisa melanjutkan proses pembayaran di SSPDS yang sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan dan juga akan ada rinciannya. Ada baiknya untuk menyiapkan uang pas untuk mempercepat proses pembayarannya.

d. Lakukan pengambilan STNK

Setelah selesai maka langkah selanjutnya adalah pengambilan STNK baru anda. Namun untuk plat nomor biasanya akan bisa anda ambil beberapa bulan setelahnya. Jadi anda harus menunggu karena biasanya akan tergantung dengan daerah masing – masing.

Belum ada Komentar untuk "Berapa Sih Biaya pajak Motor 5 Tahunan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel