Seluk Beluk Pemutihan Kendaraan Bermotor

Pemutihan Kendaraan Bermotor

Pemutihan pajak kendaraan merupakan salah satu kebijakan dari pemerintah untuk menghapus sebagian atau seluruh pajak menunggak yang ditanggung oleh wajib pajak. Pemutihan ini sesungguhnya terkesan cukup merugikan bagi pemerintah, tapi ternyata ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh pemerintah maupun wajib pajak.

Keuntungan pemutihan pajak bagi wajib pajak

Keuntungan paling besar didapatkan oleh wajib pajak. Ketika seorang wajib pajak mangkir dari kewajibannya membayar pajak maka mereka tidak akan bisa menggunakan kendaraan mereka secara bebas. Kendaraan dibeli untuk dikendarai bukan?

Jika tidak bayar pajak maka kendaraan tersebut tidak bisa dikendarai secara legal. Artinya, anda bisa mengendarainya akan tetapi jika anda bertemu dengan polisi yang sedang melakukan razia maka anda akan dibawa ke kantor polisi, harus mengikuti persidangan dan pada akhirnya membayar denda karena tidak taat pada aturan.

Denda yang dikenakan pada persidangan ini akan berbeda dengan denda yang anda dapatkan karena tidak bayar pajak motor online tepat waktu. Oleh karena itu ketika memiliki kendaraan yang tidak dibayar dengan tepat waktu para wajib pajak yang mangkir tersebut akan mendapatkan banyak kerugian. Dengan adanya pemutihan pajak maka wajib pajak dapat kembali membayar pajak mereka tanpa takut membayar denda kendaraan bermotor mereka.

Keuntungan pemutihan pajak bagi pemerintah

Keuntungan pemutihan pajak kendaraan bagi pemerintah juga tidak kalah besar. Mengapa? Hal ini disebabkan karena dengan  adanya pemutihan maka pihak wajib pajak akan merasa terdorong untuk membayar kembali pajak kendaraan mereka.

Contohnya seperti ini :
Sebuah desa memiliki 10 orang yang memiliki kendaraan. 5 diantaranya menunggak pembayaran pajak 2 tahun. Jika setiap orang memiliki PKB Rp 10.000 maka setiap tahun harusnya desa mendapatkan Rp 100.000 dari PKB. Tapi karena 5 anggotanya takut membayar denda maka pendapatan PKB dari desa tersebut selama 2 tahun hanya Rp 50.000.

Jika ini diteruskan maka pihak desa akan mendapatkan pemasukan seperti ini selamanya, tapi dengan adanya pemutihan. 5 orang yang menunggak pembayaran pajak kendaraan mungkin akan kembali membayar sehingga pemasukan dari daerah tersebut kembali stabil di angka Rp 100.000.

Penghitungan pemutihan pajak untuk kendaraan bermotor

Pemutihan artinya adalah menghilangkan atau mengurangi. Artinya ada kalanya pajak tidak dihilangkan 100% tapi diringankan. Untuk itu dan penghitungannya sebetulnya sangat mudah. Jika ada pemutihan maka para wajib pajak yang mengalami keterlambatan pembayaran pajak hanya perlu membayar pajak pokok tanpa denda. 

Cukup menguntungkan bagi wajib pajak bukan? Hal inilah yang membuat banyak orang menunggu-nunggu kesempatan dan kabar adanya pemutihan pajak kendaraan tersebut. Di Indonesia, salah satu daerah yang paling banyak melakukan pemutihan adalah DKI Jakarta.

Belum ada Komentar untuk "Seluk Beluk Pemutihan Kendaraan Bermotor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel