-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Solusi Sertifikat Elektronik Tidak Valid

Sertifikat elektronik tidak valid biasanya ditemukan ketika akan melakukan permintaan NSFP. Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana solusinya? Berikut ini adalah ulasannya...

Daftar Isi [Baca]
Sertifikat Elektronik Tidak Valid

Sertifikat elektronik tidak valid biasanya ditemukan ketika akan melakukan permintaan NSFP. Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana solusinya? Berikut ini adalah ulasannya.

Tanda bahwa sertifikat elektronik tidak valid

Untuk anda anda yang ingin melakukan permintaan NSFP atau Nomor Seri Faktur Pajak maka anda akan membutuhkan sertifikat elektronik. Sertifikat elektronik ini merupakan sertifikat yang akan sangat diperlukan pada saat anda anda akan masuk ke e-Nofa oleh karena itu jika anda tidak memilikinya maka anda tidak akan bisa bekerja dengan efaktur pajak anda. Biasanya ketika sertifikat elektronik tidak valid maka anda akan mendapatkan peringatan. Peringatan tersebut akan muncul setelah anda sukses melakukan login. Peringatan tersebut biasanya seperti ini : “sertifikat elektronik yang anda gunakan tidak valid”

Penyebab sertifikat elektronik tidak valid

Lalu mengapa sertifikat elektronik ini tidak valid? E-Nofa bisa menyatakan bahwa sertifikat elektronik yang anda miliki tidak valid jika anda ada pada 2 kondisi berikut ini.

Sertifikat elektronik sudah kadaluarsa

Ketika kita membahas mengenai sertifikat elektronik pastikan anda ketahui terlebih dahulu hal-hal penting mengenai sertifikat elektronik. Salah satu hal penting dari sertifikat elektronik yang perlu anda ketahui adalah mengenai masa berlakunya. Sertifikat elektronik memiliki masa berlaku selama 2 tahun dan jika sudah lewat dari waktu tersebut maka  sertifikat elektronik anda sudah tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui apakah sertifikat elektronik yang anda miliki masih berlaku atau tidak anda bisa mengeceknya pada browser anda.

Sertifikat elektronik belum terinstal

Selain disebabkan karena kadaluarsa, sertifikat elektronik yang anda miliki mungkin juga masih berlaku tapi belum terinstal dengan baik saat anda melakukan login. Untuk mengatasi masalah ini kami akan membahasnya lebih detail pada sub bab selanjutnya.
Kedua hal ini adalah penyebab utama dari peringatan sertifikat elektronik tidak valid pada aplikasi pajak anda.

Solusi sertifikat elektronik tidak valid karena kadaluwarsa

Jika anda mengalami masalah sertifikat elektronik yang disebabkan karena sertifikat elektronik anda kadaluarsa maka hal utama dan wajib dilakukan adalah dengan melakukan pembaharuan dari sertifikat elektronik anda. Jika sertifikat elektronik belum kadaluarsa maka anda bisa melakukan pembaharuan sertifikat elektronik secara online akan tetapi jika sudah kadaluarsa maka anda perlu datang langsung ke kantor pajak terdekat untuk melakukan pembaharuan tersebut.

Solusi sertifikat elektronik belum terinstal

Jika sertifikat elektronik masih aktif tapi tidak bisa digunakan tapi dinyatakan tidak valid maka cek browser anda. Jika memang belum terinstal maka lakukan instalasi sertifikat elektronik tidak valid dengan cara berikut :
  1. Masuk ke setting pada browser anda
  2. Masuk ke pilihan Advance, pilih certificates
  3. Atau anda bisa  masuk ke setting lalu cari pada bar pencarian
  4. Setelah itu cari tombol import pada Form certificates manajer
  5. Cari file sertifikat elektronik anda, tekan tombol open
  6. Instalasi akan berjalan.