Error pada e-Billing dan Solusinya

Error pada e-Billing

Bagi anda yang baru dalam hal pajak online, maka ada banyak kemungkinan anda akan mendapatkan banyak masalah. Selain karena sistem yang baru, banyaknya aplikasi untuk pajak juga terkadang membuat banyak pengguna menjadi pusing dan bingung. Untuk anda yang merasa ebilling tidak bisa di gunakan karena adanya beberapa error, berikut ini adalah beberapa macam error pada e-Billing dan solusinya.

Kode error e-Billing

Ketika mengalami error, e-Billing tentu akan memberikan penjelasan mengenai error yang dimilikinya. Error pada e-Billing ini biasanya akan di ungkapkan dengan kode-kode. Jenis kode yang sering muncul adalah kode error REG dan juga kode error SO. Kode inilah yang akan memudahkan anda untuk menentukan apa penyebab dari error dari e-Billing dan bagaimana solusinya.

Kode error REG

Kode error reguler biasanya adalah kode error yang ditunjukkan oleh e-Billing ketika ada masalah mengenai registrasi. Ada beberapa jenis kode error jenis REG ini. Apa saja?

REG001
Merupakan kode error yang disebabkan karena NPWP anda tidak terdaftar pada Master File WP. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan registrasi Wajib Pajak terlebih dahulu agar bisa menggunakan e-Billing anda. Selain itu kode error REG001 ini juga bisa disebabkan karena service sedang down. Jika hal ini terjadi, maka anda perlu mengulang proses setelah memberikannya jeda beberapa waktu.

REG002
Merupakan error yang disebabkan karena NPWP tidak aktif

REG003
Merupakan error yang disebabkan karena NPWP DE

REG005
Merupakan error yang terjadi ketika anda belum memiliki EFIN. Solusinya adalah melakukan pendaftaran EFIN

REG006
Setelah daftar EFIN pastikan akun EFIN anda aktivasi, jika belum di aktivasi, maka akan muncul error REG006 ini.

REG029
Merupakan eror yang disebabkan karena pendaftaran MPN Biller Gagal. Jika hal ini terjadi anda harus segera menghubungi call center.

REG029A
Meski sudah sukses mendaftar MPN Biller, e-Billing dari djp online pajak tidak akan bisa digunakan jika koneksi MPN Biller gagal. Jadi untuk solusi dari ebilling tidak bisa di gunakan ini anda juga perlu menghubungi call center.

Kode error SO

Untuk kode Error SO ini jenisnya yang sering muncul adalah 7 jenis error. Berikut ini adalah jenis error dengan kode SO yang mungkin akan anda temukan.

SO001
Kode error ini merupakan kode yang disebabkan karena NPWP anda tidak ditemukan. Solusinya adalah dengan mendaftar terlebih dahulu

SO002
Merupakan kode error jika anda selaku wajib pajak belum terdaftar dalam website DJP online. Untuk mengatasinya sudah tentu anda perlu melakukan pendaftaran ke DJP terlebih dahulu

SO003
Error yang disebabkan karena password tidak sesuai

SO004
Error yang disebabkan karena pengguna belum aktif

SO005
Error yang disebabkan karena proses login dari User SSE sedang bermigrasi. Biasanya disebabkan karena email sudah di gunakan. Untuk mengatasinya, maka wajib pajak harus melakukan reset password dan juga mengubah email yang digunakan

SO006
Gagal autentikasi

SO007
Jika muncul error ini artinya ebilling tidak bisa di gunakan karena kesalahan dalam proses input data login.

Belum ada Komentar untuk "Error pada e-Billing dan Solusinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel