Solusi Mengatasi CSV SPT Tahunan Tidak Terbaca Paling Singkat!

CSV SPT Tahunan Tidak Terbaca

Tips mengatasi CSV SPT Tahunan tidak terbaca – Sekarang ini, para wajib pajak sudah diharuskan untuk membuat laporan SPT tahunannya memakai e-SPT. Adapun untuk melaporkannya, para wajib pajak diharuskan membuat file CSV pada aplikasi tersebut, untuk menyerahkannya pada KPP terdaftar berikut hardcopy SPT yang sudah dicetak, ditandatangani serta telah dicap perusahaan.

Akan tetapi, permasalahannya ialah ada beberapa wajib pajak yang mengalami kasus file CSV-nya yang tidak terbaca oleh sistem saat dilaporkan pada KPP. Sama halnya sesudah file database-nya telah dicopy ke dalam perangkat lain, lalu saat dibuka ternyata SPT tahunannya telah hilang padahal sudah dibuat sebelumnya. Hal ini tentu membuat Anda merasa panik, apalagi jika data-data yang sudah diinput sangat banyak.

Apa Saja Penyebab CSV SPT Tidak Terbaca?

Penyebab tidak terbacanya CSV SPT dalam aplikasi viewer DJP dikarenakan adanya karakter ENTER atau return carriage. Karakter ini sebenarnya tak terlihat, sebab hanya berbentuk perpindahan baris yang terjadi antar karakter. Namun ternyata karakter tersebut membuat CSV pelaporan SPT tidak bisa dibaca atau gagal dibuka.

Adapun cara mengatasi CSV SPT tidak terbaca dalam eSPT PPh karena faktor ENTER tadi, caranya ialah dengan memakai tombol tab atau pointer mouse jika ingin berpindah kolom ketika melakukan pengisian SPT. Jika mengisi kolom memakai copy paste, sebaiknya pastikan karakter enter tadi tidak ikut di copy-kan.

Selain faktor ENTER tadi, ada lagi faktor dari fitur UAC (User Account Control) yang biasanya memungkinkan aplikasi untuk dijalankan terbatas meskipun oleh administrator sekalipun. Dengan kata lain, bagi laptop/komputer yang memiliki fitur UAC dengan cukup ketat, bisa membuat aplikasi tak dapat mengakses lokasi file secara leluasa dalam program files Karenanya file database Anda akan ditulis pada virtual store.

Mengatasi CSV SPT Tahunan Tidak Terbaca Akibat UAC

Untuk mengatasi CSV SPT tahunan yang tak terbaca akibat fitur UAC tadi, caranya ialah sebagai berikut :

Lakukan Setting User Account Control

Pada Windows Vista atau  Windows 7, sebelum Anda menginstall sebaiknya ubah setting UAC terlebih dulu, caranya pilih control panel, kemudian user account – change user account control setting, selanjutnya ke never notify dan klik OK.

Run As Administrator

Untuk sebagian perangkat komputer, cara yang satu ini bisa sukses. Tapi SPT sebelumnya yang sudah dibuat akan hilang. Ini dikarenakan SPT yang sebelumnya sudah dibuat terdapat dalam virtualstore.

Pindahkan File Database dala Virtual Store

Untuk wajib pajak yang SPT-nya tak terlalu banyak, Anda bisa melakukan instalasi ulang, caranya bisa menggunakan cara dari nomor 1. Tapi jika Anda sudah terlanjur melakukan pengisian SPT yang sangat banyak, Anda dapat memindahkan database di virtual store agar bisa diakses dari perangkat PC lain atau pada perangkat yang sama.

Itulah beberapa cara mudah dan cepat mengatasi CSV SPT Tahunan tidak terbaca. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Solusi Mengatasi CSV SPT Tahunan Tidak Terbaca Paling Singkat!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel