Terlambat Membayar Pajak Mobil? Berikut Cara mengurus dan Perhitungan Besar Dendanya

Terlambat Membayar Pajak Mobil

Saat ini karena kesibukan dalam bekerja banyak orang sering kali lupa dengan tanggung jawabnya, salah satunya adalah mengenai pajak kendaraan yang harus dibayarkannya. Alhasil, denda pajak mobil harus dibayarkan karena kelalaian ini. Lalu bagaimana caranya mengurus denda yang disebabkan karena pajak yang terlambat ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Pajak kendaraan

Pembayaran pajak kendaraan adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini disebabkan karena jika tidak dibayar, kendaraan anda tidak akan bisa digunakan. Jika anda nekat menggunakan kendaraan anda, maka efeknya anda akan mendapatkan peringatan dari kepolisian dan mendapatkan tilang.

Berdasarkan jenisnya, pajak kendaraan ada 2 jenis yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Pajak tahunan adalah pajak yang harus dibayarkan setiap tahun dalam waktu yang sama. Pajak tahunan ini ditandai dengan pergantian surat STNK yang dibawa sebagai bukti kepemilikan kendaraan. Untuk pajak 5 tahunan, pajak ini ditandai dengan pergantian plat nomor. Hal inilah yang menyebabkan pajak 5 tahunan yang tidak dibayarkan sangat mudah untuk dikenali.

Besar denda pajak kendaraan

Jika anda terlambat membayar pajak, maka anda akan mendapatkan denda sesuai dengan besaran pajak dan juga lama waktu keterlambatan. Jika anda terlambat membayar pajak selama 1 hari, maka hal ini masih ditoleransi, tapi jika pembayaran lebih dari 1 hari, maka anda perlu mempersiapkan dana dengan perhitungan seperti di bawah ini.
Denda kendaraan bermotor = ( pajak kendaraan x 0.25 X ( jumlah bulan keterlambatan/12 ) + denda sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas )

Cara mengurus denda pajak

Berbeda dengan bayar pajak motor online, untuk mengurus denda pajak yang terlambat ini tidak bisa anda lakukan dengan menggunakan djp online pajak meski saat ini pengurusan pajak kendaraan bisa dilakukan secara online. Lalu bagaimana cara mengurus denda pajak mobil ini? Untuk anda yang ingin mengurus denda pajak kendaraan yang terlambat ini anda bisa langsung datang ke Samsat di daerah anda. Di sana anda akan mendapatkan petunjuk langsung dari pihak petugas.

Ketika anda akan mengurus denda pajak kendaraan ini jangan lupa untuk membawa dokumen pengurusan pajak kendaraan pada umumnya yaitu membawa KTP asli, membawa STNK yang sudah kadaluwarsa dan juga siapkan uang dengan perhitungan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Oh ya, jika anda terlambat denda pajak pastikan keterlambatan tidak sampai 2 tahun. Hal ini disebabkan karena keterlambatan selama tahun akan membuat kendaraan anda di blokir sehingga sudah tidak bisa lagi digunakan. Jadi pajak kendaraan anda mengalami keterlambatan lebih dari 2 tahun, denda pajak mobil akan tetap dikenakan pada mobil anda tapi anda sudah tidak bisa memperpanjang lagi masa berlaku kendaraan anda.

Belum ada Komentar untuk "Terlambat Membayar Pajak Mobil? Berikut Cara mengurus dan Perhitungan Besar Dendanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel