-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Nomor Kendaraan di Jateng dan Pajaknya

Apa saja informasi yang bisa didapatkan dari nomor polisi dan apa saja cara yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Daftar Isi [Baca]
Cek Nomor Kendaraan di Jateng

Untuk apa anda melakukan cek plat nomor Jateng? Tentunya untuk mendapatkan informasi terkait dengan kendaraan tersebut bukan? Apa saja informasi yang bisa didapatkan dari nomor polisi dan apa saja cara yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Manfaat mengecek nomor kendaraan

Baik anda adalah warga Jateng atau warga dari daerah manapun mengecek nomor kendaraan merupakan salah satu hal yang mungkin anda butuhkan. Untuk anda yang ada di Jateng anda bisa mengeceknya dengan mudah melalui beberapa cara.

Cara ini akan kami bahas pada sub bab selanjutnya. Pada sub bab ini kami akan membahas mengenai manfaat atau informasi apa saja yang akan anda dapatkan ketika mengecek plat sebuah kendaraan. Ketika anda mengecek nomor polisi dari sebuah kendaraan maka anda bisa mendapatkan banyak informasi. Informasi ini antara lain adalah :

Informasi mengenai kendaraan

Setiap kendaraan memiliki informasi seputar nama pemilik resmi, jenis kendaraan, merek, tipe, tahun perakitan kendaraan, dan juga nomor-nomor seperti nomor rangka dan juga nomor mesin. Informasi mengenai kendaraan ini biasanya adalah informasi yang akan mengikuti anda ketika anda akan cek pajak kendaraan bermotor melalui cara yang akan kami berikan.

Informasi mengenai pajak kendaraan

Selain mendapatkan informasi mengenai identitas sebuah kendaraan ketika anda melakukan cek plat nomor Jateng anda juga akan mendapatkan informasi yang berhubungan dengan pembayaran pajak dari kendaraan tersebut mulai dari pajak tahunan, bea balik nama hingga tanggal jatuh tempo.
Dengan kemudahan akses informasi yang bisa anda dapatkan maka sekarang tidak ada alasan lagi bagi anda untuk terlambat membayar pajak bukan?

Cara cek nomor dan pajak kendaraan di Jateng

Untuk anda yang ingin mengecek kendaraan dan informasi kendaraan anda di Jateng maka anda bisa menggunakan beberapa cara. Cara tersebut antara lain adalah :

Mengecek dengan menggunakan SMS

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengecek nomor kendara Jateng adalah dengan menggunakan pesan singkat. Pesan singkat yang digunakan untuk mengecek nomor kendaraan ini dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor 9600 dengan format JATENG (spasi)  nomor polisi.

Mengecek melalui situs

Selain menggunakan SMS, cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek nomor polisi Jateng adalah dengan membuka situs Dipenda Jateng yaitu DPPAD-Jateng

Mengecek melalui aplikasi

Selain menggunakan SMS dan website, pengecekan nopol bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini dibuat oleh pihak samsat Jateng untuk memudahkan pembayaran dan juga pengecekan nomor kendaraan. Aplikasi ini memiliki nama SAKPOLE.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk pendaftaran, mendapatkan kode bayar, dan juga fitur penting lainnya. Selain itu, dengan menggunakan cara cek plat nomor Jateng ini anda juga bisa membayar pajak kendaraan dengan mudah dengan menggunakan ATM anda.