-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mudah Bayar Pajak Samsat Online

Nah untuk anda ketahui juga khusus pajak samsat online tidak tersedia untuk pajak kendaraan motor lima tahunan. Untuk proses pembayarannya sendiri ada beberapa cara diantaranya adalah :

Daftar Isi [Baca]
Bayar Pajak Samsat Online

Saat ini selain melakukan pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB yang bisa anda lakukan dengan cara online, anda juga diberikan kemudahan dengan bayar pajak motor online. Tentu saja hal ini sangat sejalan dengan keinginan pemerintah yang menginginkan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menyelesaikan kewajibannya dalam membayar pajak. Selain itu,ini juga akan menambah penghasilan negara dan pajak yang nantinya bisa anda gunakan untuk seluruh masyarakat dalam memenuhi kewajibannya.

Walaupun memang belum merata diseluruh wilayah Indonesia yang bisa menerapkan pajak samsat online ini, namun ini menjadi salah satu awal yang terbaik sebagai salah satu harapan fasilitas yang tersebar dan tersedia untuk dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Untuk proses pembayaran dari pajak motor online ini juga sebenarnya belum banyak golongan masyarakat yang mengetahuinya. Sehingga jika anda berencana akan melakukan proses pembayaran pajak samsat online ada beberapa cara dan proses pembayaran yang bisa anda lakukan.

Pada saat anda melakukan proses pembayaran pajak samsat online maka ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. PKB sendiri menjadi dua jenis diantaranya adalah Pajak yang dibayar rutin setiap tahun dan pajak yang dibayarkan lima tahun sekali. untuk PKB tahunan sendiri adalah pajar rutin yang besarnya kurang lebih 1,5% dari harga jual kendaraan anda. Dan pajak ini nilainya akan mengalami penurunan setiap tahunnya.

Hal ini disebabkan karena faktor penyusutan dari nilai jual kendaraan itu sendiri. Sedangkan untuk PKB lima tahunan sendiri artinya anda harus mengganti plat nomor kendaraan dan STNK dan ini tidak bisa dibayarkan secara online namun anda harus menuju ke tempat tinggal anda.

Syarat Pajak Samsat Online

Sebenarnya untuk syarat pajak samsat online sama dengan offline, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan diantaranya adalah : STNK asli dan Scan, KTP Asli dan Scan, Uang sejumlah nominal dari pajak anda. Selanjutnya anda bisa mengisi formulir untuk menyiapkan data pembayaran pajak tahunan anda. Jika semua data sudah lengkap anda tinggal menginput di website Pajak samsat online resmi jika sudah selesai maka anda tinggal melakukan proses pembayaran.

Nah untuk anda ketahui juga khusus pajak samsat online tidak tersedia untuk pajak kendaraan motor lima tahunan. Untuk proses pembayarannya sendiri ada beberapa cara diantaranya adalah :
  1. Membayarkan pajak kendaraan motor dengan melalui ATM : untuk menu utamanya adalah Pajak lalu e samsat dan masukkan Nopol kemudian anda bisa langsung membayarkannya.  Kemudian anda bisa simpan struk pembayaran ini untuk anda masukkan datanya di data samsat daerah. Maka proses pembayaran anda selesai.
  2. Jika anda membayarkan pajak dengan menggunakan smartphone maka anda bisa login di portal reminya, kemudian membayar ke Atm dan simpan struk pembayaran lalu anda bisa mengirimkan SMS untuk kemudian akan diproses. Jika selesai biasanya akan ada SMS konfirmasinya. Lalu anda bisa samsat daerah untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD.