Step Bayar Pajak Mobil Secara Online

Bayar Pajak Mobil secara Online

Untuk melakukan pembayaran pajak memang saat ini sudah sangat dipermudah. Pasalnya saat ini anda bisa bayar pajak mobil online sehingga bisa bayar kapan saja dan di mana saja. Untuk pembayaran pajak secara online ini saat ini bisa dilakukan di provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan juga DKI Jakarta. Lalu bagaimana cara membayarnya? Berikut ini adalah ulasannya.

Hal yang dibutuhkan untuk membayar pajak secara online

Untuk membayar pajak secara online ada beberapa hal yang perlu anda perlu persiapkan selain dokumen wajibnya. Hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pembayaran pajak online antara lain adalah :

Kode bayar

Kode bayar adalah kode yang anda butuhkan untuk melakukan pembayaran pajak anda secara presisi. Kode bayar ini bayar adalah sebuah nomor virtual account dengan jumlah nomor yang panjang. Dengan menggunakan nomor virtual ini  maka anda hanya perlu melakukan 1 kali transaksi tanpa perlu memasukkan informasi lain. Kode bayar ini bisa anda dapatkan dari tempat-tempat bayar pajak motor online yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah anda.

Akun bank

Selain memiliki kode bayar, anda juga harus memiliki akun bank. Akun bank ini digunakan untuk melakukan transaksi. Transaksi tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari menggunakan ATM, menggunakan Internet Banking, Menggunakan SMS Banking atau bahkan melakukannya dengan cara setor tunai pada Teller Bank yang anda gunakan.

Cara membayar pajak secara online

Untuk anda yang ingin bayar pajak mobil online maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

1. Mendapatkan kode bayar

Untuk anda yang ingin membayar pajak mobil dengan cara online maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari kode bayar. Kode bayar ini bisa anda dapatkan dari website dari samsat daerah anda atau bisa juga dari aplikasi samsat dari provinsi anda. Ketika anda akan menggunakan aplikasi samsat dari provinsi anda maka anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Contoh dari aplikasi samsat yang bisa anda gunakan adalah SAKPOLE yang merupakan aplikasi samsat online  dari Jawa tengah.

2. Melakukan pembayaran

Setelah mendapatkan kode bayar maka anda. Bisa menggunakan akun bank anda untuk membayar pajak berdasarkan kode yang anda dapatkan sebelumnya. Cara bayarnya bisa dilakukan dengan cara seperti yang sudah disebutkan dalam sub bab sebelumnya.

3. Unduh e-bukti Bayar

Dari aplikasi yang akan gunakan untuk mendapatkan kode bayar anda bisa mengunduh bukti bahwa anda sudah membayar pajak anda. Jika sudah ada bukti bayar maka anda anda bisa mencetak bukti bayar tersebut.

4. Mengesahkan STNK

Setelah anda membayar dan mendapatkan bukti bayar maka anda bisa datang ke SKPD untuk mencetak STNK anda dengan membawa e-KTP dan juga STNK Asli. Setelah bayar pajak mobil online dengan cara ini anda bisa mencetaknya di seluruh kota di provinsi sesuai anda terdaftar.

Belum ada Komentar untuk "Step Bayar Pajak Mobil Secara Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel