-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit Login ke e-Nofa? Berikut ini adalah Solusinya

Lalu bagaimana jadinya jika anda tidak bisa login enofa? Jika anda belum bisa melakukan login enofa hingga saat ini, maka berikut ini adalah solusi untuk anda....

Daftar Isi [Baca]
Sulit Login ke e-Nofa?

Untuk bisa mengurus nomor seri pajak, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan login. Lalu bagaimana jadinya jika anda tidak bisa login enofa? Jika anda belum bisa melakukan login enofa hingga saat ini, maka berikut ini adalah solusi untuk anda.

Penyebab kegagalan login pada e-Nofa

Penyebab utama dari kondisi gagalnya login pada e-Nofa tidak lain dan tidak bukan adalah terjadinya kesalahan saat melakukan input password atau username yang anda lakukan. Untuk menghindari kesalahan input ini pastikan anda memiliki catatan yang tersembunyi mengenai username dan password yang anda gunakan untuk masuk ke akun e-Nofa anda. Jika anda punya dan sudah pasti benar, maka anda bisa melakukan copy paste agar tidak ada kesalahan pada saat penginputan.

Selain itu, login di e-Nofa yang gagal juga bisa disebabkan karena server yang dimiliki oleh djp online pajak sedang mengalam perbaikan atau sedang down. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat sistem pajak ini masih sangat baru. Untuk mengatasinya anda hanya perlu bersabar dan menunggu hingga masalah pada server selesai diperbaiki.

Lupa password

Jika penyebab kegagalan masuk ke akun e-Nofa hanya disebabkan karena salah ketik untuk username atau password anda, maka anda bias mengatasinya dengan sangat mudah. Lalu bagaimana jika ternyata anda tidak mencatat password anda dan pada akhirnya lupa karena terlalu banyak password yang perlu anda ingat? Jika hal ini terjadi, maka anda bisa mengatasi masalah tidak bisa login enofa dengan langkah berikut ini.

Cek email

Jika sejak menerima password anda tidak pernah menggantinya, maka cara paling mudah untuk dilakukan untuk mengetahui password anda adalah dengan mengecek kotak masuk pada email anda. Anda bisa mencari email yang dikirimkan oleh efaktur@pajak.go.id. Password yang bisa anda temukan di email ini adalah password awal dengan paduan huruf dan angka yang sulit sehingga ada kemungkinan anda sudah menggantinya.

Tekan tombol lupa password

Jika password yang ada di kotak masuk email anda sudah diganti, maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah memohon bantuan pada sistem untuk membantu masuk ke akun anda. Hal dilakukan dengan cara menekan tombol lupa password.

Tombol ini akan mengarahkan anda untuk mengirim Nomor Pokok wajib Pajak atau NPWP anda. Setelah mengisi nomor ini anda akan mendapatkan email berupa password baru yang bisa anda gunakan untuk masuk ke akun anda.

Mengunjungi KPP

Selanjutnya bagi anda anda yang memiliki cukup banyak waktu untuk memperbaiki aplikasi efaktur pajak, Anda bisa melakukan permohonan password dengan cara langsung datang ke KPP. Selain itu, anda bisa menghubungi Kring Pajak untuk mendapatkan solusi dari masalah tidak bisa login enofa.