-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Kepemilikan Kendaraan Bermotor Online

Daftar Isi [Baca]
cek pemilik plat nomor kendaraan online

Memiliki kendaraan atau ingin tahu mengenai kepemilikan sebuah kendaraan bisa dilakukan dengan cek kepemilikan kendaraan bermotor online dengan cara berikut ini.

Hubungan antara nomor kendaraan dan kepemilikan kendaraan

Sebuah kendaraan bisa diibaratkan sebagai manusia. Mereka juga memiliki identitasnya sendiri identitas yang dimiliki oleh sebuah kendaraan di perlihatkan dari nomor polisi yang ada di plat kendaraan masing-masing.

Setiap plat kendaraan dari seluruh kendaraan di Indonesia ini berbeda nomornya atau tidak ada yang sama hal inilah yang menyebabkan nomor plat ini dijadikan sebagai nomor identitas dari sebuah kendaraan.

Plat nomor bisa dengan mudah dipalsukan, anda hanya perlu datang ke tukang membuat plat setelah itu membuat sendiri plat yang anda inginkan. Akan tetapi jika di cek plat yang anda beli tersebut tentu tidak terdaftar sebagai plat milik anda. 

Sebuah plat dapat dinyatakan sebagai plat asli dari sebuah kendaraan jika nomor plat dan juga identitas yang ada di STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraannya sama.

Tidak hanya nomornya, sebuah nomor plat dan juga STNK juga memuat informasi lain  yaitu informasi mengenai nama pemilik resmi, mengenai nomor rangka, nomor mesin dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Hal ini jugalah yang menyebabkan nomor plat bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan bermotor yang anda miliki. Ini adalah salah satu manfaat dari nomor plat anda.

Untuk apa cek Kepemilikan Kendaraan bermotor?

Mengecek sebuah kendaraan bermotor bisa dilakukan untuk banyak keperluan salah satunya adalah mencari informasi mengenai jumlah pajak yang perlu anda bayarkan untuk kendaraan anda seperti yang sudah disebutkan dalam sub bab sebelumnya. Akan tetapi selain itu masih ada keuntungan atau fungsi lainnya.

Fungsi lain dari cek kepemilikan kendaraan bermotor online  adalah untuk mencari motor yang hilang. Jika anda memiliki motor dan motor tersebut dicuri maka polisi akan mencari motor anda dengan cara melihat nomor polisi yang dimilikinya. 

Atau jika ada kendaraan yang ingin anda laporkan, anda juga bisa mengeceknya terlebih dahulu mengenai siapa yang memiliki kendaraan tersebut dengan menggunakan fitur cek kepemilikan kendaraan.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

Untuk anda yang ingin mengecek kepemilikan dari sebuah kendaraan, anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu cara cek offline dan juga cara Online. 

Untuk cek offline anda bisa melakukannya di samsat terdekat dengan anda. Jika anda ingin melakukan pengecekan lebih murah maka pengecekan online bisa menjadi solusinya. 

Untuk cek kepemilikan kendaraan bermotor online anda bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini.
  1. Cek online bisa lewat SMS ke samsat masing-masing daerah
  2. Cek melalui situs samsat tiap daerah
  3. Cek melalui aplikasi (jika ada)