-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah dan Solusi e-Form yang Gagal Submit

Melakukan pelaporan pajak dengan menggunakan cara online memang memiliki cukup banyak kendala salah satunya adalah kendala tidak bisa submit eform. Untuk anda...

Daftar Isi [Baca]
e-Form yang Gagal Submit

Melakukan pelaporan pajak dengan menggunakan cara online memang memiliki cukup banyak kendala salah satunya adalah kendala tidak bisa submit eform. Untuk anda yang sedang mengalami hal ini, berikut ini adalah penjelasan mengenai kendala tersebut dan juga solusi untuk mengatasinya.

Belum mengunduh viewer untuk file ekstensi .XFD

Ketika anda akan mengunduh e-Form, e-Form yang akan anda unduh memiliki ekstensi .XFD. Pada komputer umum, aplikasi viewer .XFD ini tidak ada secara langsung sehingga anda perlu mengunduh-nya terlebih dahulu. Jika aplikasi untuk pembaca file ini sudah ada, maka Form yang anda unduh bisa langsung diisi.

Token yang tidak sama

Hal lainnya yang sering kali menyebabkan terjadinya kegagalan subunit e-Form adalah mengenai pengisian token. Terkadang anda bisa saja salah mengisi token sehingga tidak sama. Token yang tidak sama ini dapat menyebabkan kegagalan subunit e-Form anda.

Untuk menghindari kekeliruan saat melakukan pengisian token ini anda bisa mengeceknya dengan membuka email anda. Periksa token yang sudah dikirimkan, jika perlu copy token yang anda dapatkan lalu paste di halaman terkait untuk memastikan token yang anda ketika sama dengan token yang anda dapatkan.

Form tidak terisi seluruhnya

Satu lagi hal yang menyebabkan kegagalan submit e-Form dari djp online pajak adalah karena anda tidak mengisi semua field atau kolom dari e-Form secara lengkap. Oleh karena itu sebelum anda melakukan tindakan submit pastikan terlebih dahulu satu persatu kolom yang ada di sana anda isi dengan tepat.

Jika hal ini terjadi biasanya, sistem yang terkait akan memberikan peringatan bahwa anda tidak bisa submit eform karena ada kolom yang belum terisi. Biasanya peringatan tersebut tertulis seperti ini “One or more the items in this form have not yet been competed correctly”

Error input angka

Salah satu hal yang bisa menyebabkan gagal submit e-Form adalah mengenai error input angka. Ketika anda tidak ingin mengisi kolom angka seperti kolom harta, kolom utang dan juga kolom daftar tanggungan, maka pastikan anda menekan tombol “-” yang ada di samping masing-masing kolom hingga tidak terdapat kolom tersisa.

Tombol “-” adalah tombol yang berfungsi untuk mengurangi kolom yang tidak digunakan. Jika kolom yang tidak digunakan dibiarkan sistem akan membaca bahwa salah satu atau lebih dari 1 kolom pada e-Form belum anda isi sehingga terjadi gagal submit. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling sering terjadi pada masalah Error Submit e-Form.

Koneksi gagal

Satu lagi yang sering kali terjadi pada anda yang gagal melakukan submit e-Form adalah mengenai koneksi internet anda. Koneksi internet bisa saja dalam kondisi yang buruk sehingga tidak bisa melakukan submit. Tapi jika koneksi anda baik dan tetap tidak bisa submit eform, maka anda perlu cek pengaturan pada browser anda.