-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Nopol dan Bayar Pajak Online e-Samsat Jabar

Daftar Isi [Baca]
Cek Nopol Jabar

Cek nopol kendaraan online jabar  bisa dilakukan dengan mudah. Apa itu nopol dan bagaimana mengeceknya? Berikut ini ulasannya.

Nopol kendaraan

Nopol adalah singkatan dari nomor polisi. Nomor ini memiliki cukup banyak fungsi salah satunya adalah fungsi yang berhubungan dengan administrasi pajak sebuah kendaraan. 

Sebuah nopol akan memuat banyak informasi karena tiap kendaraan baik itu kendaraan roda dua atau roda empat semuanya memiliki nopol yang berbeda.

Nomor polisi memuat semua hal mengenai kendaraan anda, mulai dari nama pemilik asli, nomor rangka kendaraan, nomor mesin bahkan mengenai pajak yang harus anda bayarkan untuk kendaraan anda tiap tahun atau tiap 5 tahun sekali. 

Nopol ini bisa anda dapatkan ketika anda membeli motor anda dan mendaftarkannya di samsat daerah anda.

Samsat merupakan sebuah layanan untuk hal-hal yang berhubungan dengan dokumen dan administrasi kendaraan anda. Di sini anda akan melakukan kegiatan administratif anda mulai dari pendaftaran hingga pembayaran pajak tahunan atau 5 tahunan.

E-Samsat Jawa Barat

Samsat merupakan salah satu kantor layanan penting untuk tiap-tiap daerah. Dahulu untuk mengurus dokumen di samsat akan dibutuhkan waktu yang lama karena harus mengantri. 

Akan tetapi saat ini  sudah ada banyak kemajuan dalam bidang administrasi negara. Salah satunya adalah mengenai teknologi yang digunakan.

Saat ini untuk mengurus dokumen dan hal-hal administrasi untuk kendaraan tidak sulit dan lama lagi karena adanya e-Samsat. 

Salah satu e-Samsat yang sangat populer adalah e-Samsat Jawa barat. E-Samsat Jawa barat membantu untuk memudahkan anda dalam cek pajak kendaraan bermotor.

Dengan menggunakan layanan dari e-Samsat Jawa Barat, anda yang ada di Provinsi Jawa barat dapat mengurus dan membayar pajak kendaraan dengan lebih mudah. 

Hal ini disebabkan karena pembayaran pajak bisa dilakukan dengan menggunakan ATM. Hal ini membuat sistem menjadi lebih memudahkan bukan?

Syarat penggunaan e-Samsat

Untuk anda yang hanya cek nopol kendaraan online jabar maka anda bisa melakukannya secara langsung  pada e-Samsat Jawa barat tanpa perlu mengikuti syarat. 

Akan tetapi jika anda memiliki kebutuhan lainnya seperti untuk membayar pajak kendaraan maka berikut ini adalah beberapa syarat yang perlu anda perhatikan.
  1. Kendaraan tidak sedang di blokir
  2. Memiliki nomor telepon dan seluler yang aktif
  3. Memiliki tabungan dan kartu ATM
  4. Tabungan harus dari salah satu bank berikut ini : BJB, BNI, BCA, BRI, CIMB Niaga, Permata, Mandiri
  5. Membayar pajak tahunan
  6. Tidak berlaku untuk pajak ganti nopol
  7. Pembayaran dilakukan minimal 6 bulan sebelum jatuh tempo
  8. Merupakan pemilik pribadi bukan atas nama lembaga, yayasan atau badan usaha
Untuk melakukan pembayaran pajak melalui e-Samsat Jawa Barat ini anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi  SAMBARA terlebih dahulu. 

Aplikasi ini adalah aplikasi dari samsat Jawa Barat yang akan memudahkan anda untuk cek nopol kendaraan online jabar  dan juga melakukan pembayaran pajak tahunan anda.